Jumat, 25 Januari 2013

LATIHAN SOAL MSDM



1.       Mengapa  Manajemen Sumber  Daya Manusia  semakin penting padahal alat-alat canggih semakin banyak ?
Jawab :
Sebuah Negara yang kurang kaya Sumber Daya Alam, tetapi SDMnya terdidik, terampil, disiplin, tekun  dsb. Ternyata bisa meraih kemajuan yang sangat besar bahkan membuat negara lain kagum. Mesin secanggih dan semahal apapun tidak akan berarti apa-apa jika tidak digunakan oleh manusia yang ahli dalam menggunakan mesin tersebut.
sumber daya manusia (SDM) memiliki peran sangat penting dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang maju dan mandiri sehingga menjadi mampu bersaing di eraglobalisasi.

2.       Kenapa istilah MSDM lebih populer dari pada manajemen personalia ?
Jawab :
Karena manajemen personalia hanya mengandung beberapa pokok : menekannkan perencanaan, implementasi rencana, dan perhatian yang lebih besar terhadap aspek manajerial serta pendayagunaan orang-orang sebagai sumber daya organisasi secara lebih baik. Perubahan terminology itu juga merefleksikan peningkatan signifikasi yang berkenaandengan pengelolaan orang-orang didalam organisasi serta perspektif yang lebih luas atas pengkajian bidang ini. Istilah-istilah manajemen personalia (personal management) dan manajemen sumber daya manusia (human resources management )  mengacu proses yang sama.
Sedangakan sumber daya manusia merupakan aktiva organisasi yang paling penting, semua manjer sudah selaiknya berkepentingan dengan manajemen sumber daya manusia. Perbedaan berbagai istikah diatas terletak pada penekananya. Sebagai contoh, istilah fungsi personalia untuk fungsi maupun staf digunakan untuk memberikan aksentuasi terhadap fungsi manajemen pada hal-hal seperti itu. Sedangkan istilah manajemen sumber daya manusia dipakai untuk memperlihatkan kruang lingkup yang luas.

3.       Mengapa waskat sangat berperan dalam mewujudkan tujuan ?
Jawab :
Dengan waskat, atasan secara langsung dapat mengetahui kemampuan dan kedisiplinan setiap individu bawahannya, sehingga konduite setiap bawahan dinilai objektif. Waskat bukan hanya mengawasi moral kerja dan kedisiplinan pegawai saja, tetapi harus juga berusaha mencari system kerja yang lebih efektif untuk mewujudkan tujuan oranisasi, pegawai dan masyarakat. Jadi, waskat menuntut adanya kebersamaan aktif antara atasan dengan  bawahan dalam mencapai tujuan organisasi, pegawai dan masyarakat. Dengan kebersamaan aktif antara atasan dengan bawahan, terwujudlah kerjasama yang baik dan harmonis dalam organisasi yang mendukung terbinanya kedisiplinan pegawai yang baik.
Waskat (pengawasan melekat) adalah tindakan nyata yang paling efektif dalam mewujudkan kedisiplinan karyawan perusahaan. Dengan waskat berarti atasan harus aktif dan langsung mengawasi perilaku, moral, sikap, gairah kerja, dan prestasi kerja bawahannya.
Waskat sangat efektif untuk meransang kedisiplinan dan moral kerja pegawai, karena mereka merasa mendapat perhatian, bimbingan, petunjuk, pengarahan dan pengawasan dari atasannya.
Jadi waskat adalah tindakan nyata dan efektif untuk mencegah/mengetahui kesalahan, membetulkan kesalahan, memelihara kedisiplinan, meningkatkan prestasi kerja, mengaktifkan peranan atasan dan bawahan, menggali sistem-sistem kerja yang paling efektif, serta menciptakan sistem internal kontrol yang terbaik dalam mendukung terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat.

4.       Berikian beberapa alasan kenapa karyawan di dalam kota besar alat-alat motifasinya lebih banyak dari karyawan di kota kecil ?
Jawab :
Karena dikota kota besar pola pikirnya lebih maju dibandingkan dengan kota kota kecil dan rata rata perusahaan di kota besar sudah memenuhi persyaratan di dalam alat alat motifasi maupun yang lainnya untuk menunjang kinerja pegawainya atau karyawannya.

5.       Apa saja persamaan dan perbedaan pemberian motivasi dengan insentif ?
Jawab :
·         Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya.Tiga elemen utama dalam definisi ini adalah intensitas, arah, dan ketekunan.
·         Insentif adalah pengupahan yang memberikan imbalan yang berbeda karena memang prestasi yang berbeda. Dua orang dengan jabatan yang sama dapat menerima insentif yang berbeda karena bergantung pada prestasi. Insentif adalah suatu bentuk dorongan finansial kepada karyawan sebagai balas jasa perusahaan kepada karyawan atas prestasi karyawan tersebut. Insentif merupakan sejumlah uang yang di tambahkan pada upah dasar yang di berikan perusahaan kepada karyawan.
·         Persamaan Motifasi dengan Insentif adalah sama sama suatu kegiatan yang di lakukan untuk menambah semangat kerja kepada karyawan agar mereka dapat bekerja dengan giat, rajin dan lebih baik lagi.

6.       Apa persamaan dan perbedaan pemberian insentif dengan benevit ?
Jawab :
·         Pemberian insentif : Fungsi utama dari insentif adalah untuk memberikan tanggungjawab dan dorongan kepada karyawan. Insentif menjamin bahwa karyawan akan mengarahkan usahanya untuk mencapai tujuan organisasi. Sedangkan tujuan utama pemberian insentif adalah untuk meningkatkan produktivitas kerja individu maupun kelompok.
·         Pemberian Benefit : meningkatkan komitmen karyawan terhadap perusahaannya dan untuk memotivasikaryawan. Dengan tujuan ini Perusahaan cukup serius dalam menangani benefit bagikaryawan. Perusahaan mengerti bahwa masalah ini sangatlah penting.Seperti kita semua ketahui, sulit untuk mencapai kepuasan bagi seluruh karyawansecara merata, karena kebutuhan tiap orang berbeda-beda. Perusahaan berusaha untuk memenuhi kebutuhan karyawan agar karyawan merasa nyaman dalam bekerja didalam perusahaan, namun tentu tidak semua karyawan puas dengan kebijakanperusahaan yang diambil. Salah satu benefit untuk mencapai tujuan seperti yangdisebutkan diatas adalah jaminan kesehatan karyawan
·         Persamaan Pemberian Insentif dengn Pemberian Benefit adalah sama sama memberikan dorongan kepada karyawan melalui pemenuhan ekonomi atau kebutuhan pokok para karyawan supaya mereka bisa lebih giat atau lebih bersemangat lagi dalam bekerja di perusahaan itu.

7.       Dimana letak perbedaan pemberian motifasi dengan  benefit  ?
Jawab :
Perbedaanya terdapat pada pemenuhan kebutuhan ekonomi karyawannya saja, misalnya motifasi hanya memberikan dorongan atau motifasi saja kepada karyawannya supaya bisa lebih giat bekerja tetapi di dalam benefit karyawan selain di berikan dorongan atau motivasi mereka juga di berikan dorongan melalui kebutuhan ekonomi seperti pemberian bonus kepada karyawan berupa uang atau penghargaan lainnya.

8.       Apa sasaran pemberian insentif bagi karyawan ?
Jawab :
Secara umum manfaat pemberian insentif bagi perusahaan dan bagi karyawan adalah:
·         Bagi perusahaan
Sebagai sarana untuk memotivasi karyawan sehingga semangat kerjanya akan semakin tinggi menyebabkan prestasi kerja yang semakin meningkat dan juga produktivitas
mereka semakin tinggi sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.
·         Bagi karyawan
Sebagai tambahan penghasilan yang berguna bagi kehidupan ekonomi mereka sehingga menambah kesejahteraan karyawan. Apalagi jika tingkat umum kenaikan gaji dibatasi secara ketat, cara apapun untuk menambah upah bersih adalah sangat menarik. Yang dapat diharapkan adalah insentif itu sendiri.

9.       Jelaskan perbedaan antara MSDM dengan manajemen personalia ?
Jawab :
·         Manajemen sumber daya manusia, disingkat MSDM, adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan (goal) bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat menjadi maksimal. MSDM didasari pada suatu konsep bahwa setiap karyawan adalah manusia - bukan mesin - dan bukan semata menjadi sumber daya bisnis.Kajian MSDM menggabungkan beberapa bidang ilmu seperti psikologi, sosiologi, dll.
·         Manajemen Personalia - Manajemen personalia merupakan cabang dari manajemen yang mempunyai tujuan agar orang-orang di dalam organisasi dapa bekerja sama untuk mencapai tujuan yang ditetapkan terlebih dahulu.

10.   Mengapa pengadaan ( procurement ) adalah hal yang paling penting dan sulit ?
Jawab :
Karena pengadaan adalah masalah yang sangat penting dan juga sulit dimana kita harus pintar pintar dalam menempatkan orang orang yang berkompeten serta efektif sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya karena menempatkan karyawan tidaklah mudah seperti kita menempatkan mesin.

11.   Mengapa masalah pengadaan dapat di katakan merupakan cermin utama keberhasilan msdm, berikan alasannya ?
Jawab :
Karena jika kita tidak melakukan pengadaan dengain baik dan benar maka sebuah perusahaan tidak akan menjadi sukses karena perusahaan tersebut tidak bisa menempatkan karyawan yang berpotensi pada tempatnya atau bidangnya masing masing.


12.   Bagaimana proses pengadaan karyawan yang baik ?
Jawab :
Karyawan yang cakap, mampu, dan terampil belum menjamin produktivitas keja ygna baik, kalau moral kerja dan kedisiplinannya rendah. Mereka baru bermanfaat dan mendukungterwujudnya tujuan perusahaan jika mereka berkeinginan tinggi untuk berprestasi.Karyawan yang kurang mampu, kurang cakap, dan tidak terampil mengakibatkan pekerjaan tidak selesai tepat pada waktunya.Pengadaan karyawan harus didasarkan pada prinsip apa baru siapa. Apa artinya kita harus terlebih dahulu menetapkan pekerjaan pekerjaannya berdasarkan uraian pekerjaan ( jobdescription). Siapa artinya kita baru mencari orang-orang yang tepat untuk menduduki jabatan tersebut sesuai spesifikasi pekerjaan (job specification). Pengadaan karyawan berdasarkan siapa kemudian baru apa , akan menimbulkan mismanajemen dalam penempatannya. Penempatan karyawan yang jauh di bawahkemampuannya ataupun diluar kemampuannya mengakibatkan moral kerja dan kedisiplinankaryawan rendah. Jadi, kita harus menugaskan seorang karyawan sesuai dengan kemampuanyang dimilikinya dan memberikan pekerjaan yang disenanginya.

13.   Apa saja pokok-pokok bahasan utama dalam pengadaan karyawan ?
Jawab :
Pokok bahasan utama pada fungsi pengadaan adalah proses dimana penarikan, seleksi dan penempatan, orientasi dan induksi untuk mendapatkan karyawan yang yang efektif dan efisien membantu tercapainya suatu tujuan perusahaan.

14.   Jelaskan mengapa seleksi penerimaan pegawai baru sangat penting ?
Jawab :
Proses seleksi adalah serangkaian langkah kegiatan yang digunakan untuk memutuskan
apakah pelamar diterima atau tidak.
Proses seleksi adalah pusat manajemen personalia. Analisa jabatan, perencanaan sumber daya manusia, dan penarikan dilakukan terutama untuk membantu seleksi personalia.

15.   Mengapa test psikologi penting dalam seleksi penerimaan karyawan ?
Jawab :
Tes psikometri mencoba untuk menilai kemampuan mental dan kualitas secara ilmiah. Tes psikologiperekrutan membawa objektivitas dan standarisasi untuk proses rekrutmen,namun para ahli tidak setuju pada apakah tes tersebut menunjukkan kompleksitas sifat manusia.
Aplikasi
Psikometri Tes di Perekrutan Tes psikometri adalah metode baru pengukuran psikologis, dan penerapannya dalam perekrutan membantu mengungkapkan kepribadian kandidat, bakat, dan orientasi.
Tes psikologis untuk rekrutmen mencoba untuk mengukur sifat-sifat yang berbeda dari kandidat. Jenis umum dari tes psikometri yang digunakan dalam perekrutan meliputi:

·         Tes kemampuan: tes tersebut menilai kinerja calon didasarkan pada jawaban yang benar. Tes mengukur kemampuan dikelompokkan ke dalam tes prestasi yang menilai kemampuan yang ada seseorang, dan tes bakat yang menilai potensi seseorang. Kedua tes kemampuan umum menyelidiki calon mental dan kadang-kadang spesifik yang berhubungan dengan pekerjaan melalui kemampuan penalaran verbal, penalaran numerik, penalaran abstrak, bakat mekanik, bakat klerikal, dan penalaran spasial.

·         Tes kepribadian: Tes ini menilai cara kandidat berperilaku, berpikir, perasaan atau mengamati dalam situasi tertentu, dan bertujuan untuk membangun profil kepribadian kandidat untuk menafsirkan bagaimana orang berperilaku dalam situasi yang berbeda. Tes tersebut tidak memiliki jawaban yang benar atau salah. Jenis umum dari tes kepribadian mencakup tes minat, motivasi, sikap dan sejenisnya. Myers Briggs Tes Kepribadian peringkat di antara yang paling populer tes kepribadian untuk mengidentifikasi tipe kepribadian, dan mereka secara luas digunakan oleh banyak organisasi.

·         Keuntungan Penggunaan tes psikometri dalam perekrutan menawarkan banyak keuntungan. Hasil tes psikometri cenderung lebih valid daripada penilaian subjektif dibuat berdasarkan pada bagaimana seorang kandidat berperilaku selama lain metode seleksi konvensional seperti pusat penilaian, tes tertulis, diskusi kelompok, wawancara, dan sejenisnya. Keandalan dari penilaian subjektif tersebut tergantung pada ada atau tidak adanya distorters seperti prasangka dan bias dari pewawancara, sejauh mana kandidat memasang wajah yang benar, berbagai situasi atau emosi yang tercakup dalam wawancara, suasana umum atau lingkungan baik kandidat dan pewawancara, kompetensi pewawancara dan sejenisnya.


16.   Apakah pedoman yang di lakukan dalam pelaksanaan seleksi ?
Jawab :
- Title File : PEDOMAN PELAKSANAAN TUGAS GURU DAN PENGAWAS Description : PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK SISTEM REKRUTMEN DAN SELEKSI KARYAWAN


17.  Jelaskan kolerasi seleksi dengan penempatan karyawan ?
Jawab :
Pelaksanaa seleksi merupakan salah satu bagian penting dari aktivitas atau kegiatan manajemen sumber daya manusia. Terutama untuk pengadaan tenaga kerja, karena dengan adanya seleksi maka akan menghasilkan karyawan-karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan baik dan segi jumlah maupun mutu, yang akan menjamin kelancaran tugas-tugas dan jalannya aktivitas. Guna mendapatkan karyawan seperti yang diharapkan, perusahaan harus melakukan penyeleksian dengan selektif agar calon karyawan tersebut dapat bekerja baik dengan bener dan di tempatkan pada posisinya masing masing yang sesuai dengan kemampuannya.

18.  Apa saja manfaat dilakukannya orientasi pegawai baru ?
Jawab :
Manfaat Orientasi
a.       Mengurangi perasaan diasingkan, kecemasan, dan kebimbanganpegawai.
b.      Dalam waktu yang singkat dapat merasa menjadi bagian dariorganisasi.
c.       Hasil lain untuk pegawai yang baru diorientasikan adalah :
-  Cukup baik
-  Tingkat ketergantungannya kecil
-  Kecenderungan untuk keluar juga kecil
 Selanjutnya, program orientasi juga akan mempercepat proses sosialisasi.


19.  jelaskan pengertian induksi untuk karyawan baru ?
Jawab :
Pengertian Pengangkatan dan Induksi adalah penempatan Karyawan pada suatu jabatan/ pekerjaan baru. Prinsip dari pengangkatan adalah mempertimbangkan efektivitas, peraturan ketenagakerjaan dan menghindari separation. Pengangkatan karyawan dilakukan setelah calon karyawan lulus dalam seleksi dan ditempatkan pada unit yang sesuai dengan kualifikasi yang dimilikinya.
       20. bagaimana pengaruh job specification terhadap jumlah lamaran yang di terima                   suatu             perusahaan ?
                Job specification
            Menyebutkan pengetahuan,keterampilan,dan kemampuan individu yg diperlukan utk melakukan pekerjaan dengan memuaskan (Robert L. Mathis & John H. Jackson)
                Spesifikasi pekerjaan memberikan uraian sebagai berikut :
- Tingkat pendidikan
- Jenis kelamin
- Keadaan fisik
- Pengetahuan dan kecakapan
- Batas umur
- Nikah atau belum
- Minat
- Emosi atau tempramen
- Pengalaman pekerja
            Berikut contoh dari job specification adalah :
      1. Usia : 35 tahun
      2. Pendidikan : master (S2) jurusan : manajemen, bisnis, keuangan
      3. Pengalaman kerja : 5 tahun sebagai manager di bidang buseniss development dan marketing di industry sejnis
       4.        Keahlian khusus
            Teknis : komunikasi, industry, marketing
            Produk : produk knowledge secara luas dan market knowledge
            Manajerial : leadership people management
      5. Karakteristik : supel, komunikatif, kreatif, berwawasan luas, tegas
                        Spesifikasi pekerjaan banyak dipergunakan sebagai dasar untuk pencarian calon              pegawai, penempatan, pemindahan, dan kenaikan jabatan. Itulah sedikit mengenai             klasifikasi job design yang terdiri dari job specification dan job description.

               








Tugas Manajemen Sumber Daya Manusia




https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRLTlohuQKQL0enaSkdxtI-PYg5_lPPYnC3AGAhweWj5zOrNZb8








Nama       : Linda Friska Novitasari
NPM         : 14211107
Kelas        : 2 EA 27

3 komentar:

  1. trimkasih,, atas informasinya,,.:)

    BalasHapus
  2. KUNJUNGI PENGADAAN TENAGA KERJA
    http://indonugraha.blogspot.co.id/2016/02/pengadaan-tenaga-kerja.html

    BalasHapus